Pages

Selasa, 25 Juli 2017

alur kerja dari industri layanan internet pada industri ISP


Cara Kerja ISP

( Internet Service Provider )


Pertama kita harus terhubung atau terkoneksi dengan suatu ISP, entah itu melalui kabel telepon PSTN (Public Switched Telephone Network), ADSL, DSL, wireless, modem, bahkan sateli VSAT. Lalu koneksi dari ISP yang membawa data atau permintaan kita akan diteruskan ke jaringan internet sesuai dengan permintaan data kita yang akan dibaca dan diterjemahkan oleh router (sebuah perangkat yang hanya memeriksa alamat IP Addressing tanpa memperhatikan content data yang lewat).

Router inilah yang nantinya akan menentukan arah jalan paket data atau permintaan kita karena Internet diibaratkan jalan yang mempunyai banyak sekali jalan untuk menuju ke suatu tujuan.
Karena sifat router yang pintar maka paket data kita akan ditentukan jalan terbaik untuk mencapai tujuan.
Router ke Router inilah yang membawa paket data kita dari pc kita ke ISP dari ISP ke NAP (Network Acces Provider) local lalu ke backbone NAP dunia.

Lalu setelah paket data atau permintaan kita telah ditentukan oleh Router di ISP kita, maka Router ISP kita akan melewatkan ke Router ISP lainnya (membentuk IIX) atau ke router NAP
dengan memperhatikan protocol routing yang digunakan, tujuan yang dituju, error checking dan informasi lainnya yang berguna untuk menyakinkan bahwa datanya akan sampai ketujuan.
IIX sendiri atau Indonesia Internet Exchange adalah sebuah kumpulan node koneksi dari seluruh ISP dan NAP yang ada di Indonesia membentuk jaringan komputer yang terpusat , pusat interkoneksi ini berada di gedung Cyber jalan Kuningan barat jakarta.

Jadi dengan terkoneksi ke IIX maka paket data yang akan menuju ke Server-server atau layanan yang berada di Indonesia
akan langsung dilewatkan ke jaringan local ini tanpa harus melewati routing (pengelamatan) ke backbone internasional yang tidak memerlukan bandwith ke internasional.
Setelah paket data atau permintaan kita tiba di tujuan maka akan diteruskan ke Server atau layanan yang diminta oleh kita,

misalnya E-mail, Content Web, DNS,Chatting, dan lain-lain.
Terakhir paket data kita di lewatkan kembali dengan membawa jawaban dari server atau layanan tadi yang sangat mungkin sekali paket data atau permintaan yang kita kirim tadi tidak sama jalannya
dengan pengiriman balik ke komputer kita yang dikenal istilah packet switching.
Memasuki abad 21 ini dimana disebut juga era milenium dimana banyak bermunculan kecanggihan teknologi yang berguna bagi masyarakat dunia.
Fenomena ini rasanya ada yang kurang jika tidak menyertakan internet kedalam salah satu teknologi masakini di abad 21 ini.
Keberadaan internet memang manfaatnya paling di rasakan oleh masyarakat dan merubah berbagai kebiasaan terutama dalam dunia ekonomi, bisnis, sosial, politik dan juga pendidikan.
Dimana awalnya serba konvensional menjadi serba online dan sistematis. Peran internet memang menjadi sangat penting dimasa kini.
Dengan keterbukaan informasi berbagai referensi bisa di dapatkan para pengguna internet dalam memenuhi kebutuhan mencari data dan informasi.
Terlepas dari itu semua keberadaan Provider Internet memiliki peran penting dalam menyediakan pelayanan jasa internet. Banyaknya Provider Internet atau sering disebut juga ISP (Internet Service Provider)
menjadikan warna-warni tersendiri bagi masyarakat dan pengguna internet dalam memilih jasa pelayanan pemasangan paket internet dan untuk memperoleh akses internet yang di inginkan .
 Dalam menunjang segala aktifitas di dunia maya para pengguna kadang kala sering menemukan masalah pada koneksi internet entah itu lambat atau tiba-tiba putus.
Dan tidak banyak juga pengguna internet yang kebingungan untuk mencari penyebab utamanya. untuk itu diperlukanlah Provider Internet yang handal dan berpengalaman dalam memberikan jasa pelayanan internet.
Bukan hanya sekedar pelayanan internet saja tetapi juga pelayanan support yang bersahabat. Pada akhirnya kepuasan pelanggan dalam menggunakan akses internet menjadikan keberadaan Provider Internet berarti.
Dengan ini Provider Internet mencoba hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan solusi pelayanan jasa Internet Service Provider.

Dalam memberikan pelayaanan jasa internet Provider Internet sendiri menyediakan segala kebutuhan costumers dari paket yang murah sampai dengan paket premium.
Untuk paket yang paling murah anda dapat menggunakan dial-up connection yang kami sediakan dalam bentuk Modem.
Namun untuk anda yang sedang berbisnis dan untuk dunia perkantoran kami juga menyediakan paket premium dengan harga terjangkau. anda dapat memilih dedicated connection yang dapat terhubung internet selama 24 jam.

Dari semua layanan tersebut pelanggan dapat memilih paket manapun sesuai kebutuhan yang di inginkan. Dengan ini Provider Internet sebagai penyedia jasa layanan internet berusaha memberikan solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan akan akses internet.


Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih ISP ( Internet Service Provider )
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP
1.    Kapasitas Bandwith
Kapasitas Bandwith adalah kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat. Jika ISP yang dipilih kapasitas Bandwithnya rendah maka proses akses komputer menjadi lambat dan membosankan.
2.    Kapasitas Jaringan
Kapasitas Jaringan adalah rasio jaringan yang disediakan dengan jumlah pelanggannya. Jika rasio jaringan dengan pengguna ISP tinggi maka akan mempengaruhi kecepatan akses.
3.    Akses pulsa local
Penggunaan pulsa local relative lebih murah daripada menggunakan biaya pulsa luar negeri.
4.    Kehandalan dan Keamanan Jaringan
kehandalan dan keamanan jaringan, juga merupakan hal penting dalam operasional komputer. Saat mengoperasikan komputer, sangat mungkin terjadi gangguan yang menyebabkan terjadinya error jaringan. Hal ini dapat dikarenakan cuaca atau sebab lain yang sering terjadi , seperti seringnya mengirim data penting melalui internet atau bertransaksi melalui internet.
5.    Biaya berlangganan
Saat kita ingin memilih ISP, sudah selayaknya kita juga memperhitungkan dan mempertanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar iuran untuk berlangganan pada suatu ISP.
6.    Kecepatan Transfer Data
Kecepatan akses atau transfer data dalam Internet memang sangat penting. Informasi-informasi yang ada di Internet memiliki ukuran atau besar file yang berbeda-beda. Misalnya, untuk menyimpan sebuah halaman web yang hanya berisi teks pasti akan lebih cepat prosesnya dibandingkan menyimpan halaman web yang penuh dengan gambar dan animasi. Terlebih lagi, apabila kita ingin mendownload file video yang lumayan besar ukurannya, pastilah kita memerlukan kecepatan transfer data yang cukup cepat juga.
Untuk mengetahui kecepatan transfer data, kita dapat melihat dari besar Bandwidth-nya. Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama saat mentransfer data. Bandwidth digunakan sebagai ukuran banyaknya informasi yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital. Namun, sekarang kata bandwidth lebih sering  dipakai untuk mengukur aliran data digital. Dengan mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh suatu ISP, kita akan tahu kemampuan ISP tersebut dalam mentransfer data.
7.    Biaya Akses
Ada bermacam-macam cara perhitungan tarif atau biaya akses Internet yang ditawarkan oleh ISP. Ada yang menggunakan sistem tarif tetap per bulan atau per tahun dengan koneksi limited atau unlimited. Selain itu juga ada yang menawarkan tarif per waktu (time based) atau perkilobit data yang ditransfer (volume based).
Untuk memilih jenis perhitungan tarif, memang tergantung dari bagaimana kita memakai Internet. Jika kita sering memakai Internet untuk mendownload lebih baik kita memakai perhitungan tarif per waktu. Jika kita hanya memakai Internet untuk membaca email, lebih baik kita gunakan tarif per kilobyte. Atau mungkin jika kita ingin menikmati keleluasaan layanan Internet setiap hari, kita dapat memilih tarif tetap perbulan dengan koneksi unlimited.
8.    Teknologi yang Digunakan
Teknologi yang digunakan oleh ISP berbeda-beda sehingga hal ini juga harus diperhatikan. Misalnya, untuk koneksi dial-up, teknologi yang digunakan ISP adalah kompresi data, sehingga memungkinkan transfer data yang
lebih cepat. Ada juga penggunaan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) untuk koneksi Internet melalui 3G, dengan teknologi ini memungkinkan kecepatan akses hingga 2,6 Mbps. ISP di Indonesia Daftar nama-nama ISP yang ada di Indonesia antara lain adalah ASTInet, RADnet, IM2, CBN, Lintas Arta, VIPnet, Elnusnet, dan masih banyak lagi.
Untuk mengetahui ISP lainnya yang ada di Indonesia, kunjungilah alamat
www.apjii.or.id Info dot com52 TIK SMP/MTs Kelas IX
9.    Fitur dan Layanan
Pengaksesan Internet membutuhkan administrasi, konfigurasi, dan perawatan jaringan yang terus-menerus. Biasanya ISP memberikan layanan tersebut. Kita juga perlu tahu apakah ISP memiliki fasilitas account e-mail atas nama pelanggannya dan berapa besar ruang mail yang disediakan. Selain itu, biasanya beberapa ISP juga menawarkan layanan seperti VoIP, radio broadcasting, download file, dan sebagainya yang dapat menjadi nilai tambah yang harus kita perhatikan.
10.  Kepuasan Pelanggan
Dalam memilih ISP, mungkin kita juga perlu melakukan survey pada konsumen lain yang telah menggunakan layanan ISP tersebut. Untuk melakukan
survey, kita dapat memanfaatkan forum ataupun mailinglist tentang layanan suatu ISP. Dengan demikian kita akan lebih banyak mengetahui bagaimana kualitas layanan dari suatu ISP.


Daftar Pustaka:


    http://tanidigital.blogspot.co.id/2016/04/cara-kerja-isp.html
    http://tongestong.blogspot.co.id/2015/09/fungsi-dan-cara-kerja-internet-service.html
    https://blogproviderinternet.wordpress.com/tag/cara-kerja-isp/     


 By : Arini Dwi Fatmawati_06_XII TKJ2



0 komentar:

Posting Komentar