Pages

Senin, 17 Juli 2017

layanan internet pada industri ISP

Pengertian, Fungsi, dan 5 Jenis Layanan ISP Beserta Contohnya

Untuk melakukan akses internet kita harus memakai penyedia layanan internet yang disebut dengan ISP. salah satu penyedia layanan internet yaitu Telkomnet. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.



Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP (Internet Service Provider) yaitu suatu perusahaan atau badan usaha yang menyediakan suatu layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP mempunyai infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet yang dimana ISP nantinya akan membagi suatu kapasitas koneksi internet yang dipunyai nya kepada para pelanggan yang membutuhkan sebuah jasa koneksi internet. Biasanya pada sistem langganan yang diterapkan oleh ISP yaitu suatu sistem langganan tiap bulan walaupun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sebuah sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota.


Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Fungsi ISP  (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet yaitu sebagai berikut:
Menghubungkan suatu pengguna/konsumen ke gateway internet yang terdekat.
Untuk suatu media yang memberikan suatu pelayanan jasa untuk terhubung ke sebuah internet.
Untuk yang Menyediakan barang modem untuk dial-up.
Untuk sebagai yang menghubungkan sih user kepada suatu layanan informasi WWW(World Wide Web).
Memungkinkan sih user untuk memakai suatu layanan surat elektronik, yang sering disebut dengan E-mail.
Memungkinkan para user untuk melakukan sebuah percakapan suara melalui sambungan jaringan internet.
Untuk Memberikan tempat untuk homepage.
Internet Service Provider (ISP) melakukan suatu proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan suatu sistem antivirus untuk penggunanya.
Fungsi ISP (Internet Service Provider) yaitu sebagai suatu perusahaan yang menawarkan sebuah jasa pelayanan untuk berhubungan dengan sebuah jaringan internet. Untuk bisa mengaksesnya, kita cukup menghubungi saja jasa Internet Service Provider/ISP melalui perangkat komputer dan modem. Sesudah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider) 




1. Dial-Up Connection
Dial-UP Connection ialah suatu cara melalui modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk melakukan akses internet di rumah. Dial-Up ialah sebuah koneksi yang sifatnya sementara. Meskipun penggunaan akses dial-up ini seperti: personal diap-up;corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

2. Dedicated Connection
Dedicated Connection yaitu salah satu jenis koneksi yang sifatnya tetap dalam 24 jam dan kebanyakan digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunakan suatu kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.

3. Hotspot
Hotspot salah satu jenis layanan internet tanpa menggunakan suatu kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan pada tempat-tempat tertentu misalnya seperti di cafe, kantin, bandara, tempat-tempat nongkrong, dan lain sebagainya.

4. Wireless
Wireless yaitu salah satu jenis layanan internet tanpa sebuah kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon, tapi hanya dikenakan tarif atau biaya sebuah pemakaian internetnya saja.

5. Mobile Access
Mobile Access yaitu Sebuah layanan untuk mengakses internet yang bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui perangkat Handphone atau telepon seluler. jenis Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung suatu kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.


Contoh ISP (Internet Service Provider)

1. Telkom Speedy
Telkom speedy yaitu jenis ISP produk dari PT Telkom Indonesia, dengan harga yang terjangkau di kantong orang yang mempunyai penghasilan menengah kebawah Telkom Speedy menawarkan sebuah koneksi internet yang stabil.

2. Astinet
Astinet yaitu salah satu jenis ISP produk dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan suatu jasa sambungan internet untuk penggunaan yang skala besar. Astinet sendiri yaitu kependekan dari Access Service Dedicated To Internet

3. IM2
IM2 yaitu salah satu jenis layanan sambungan internet milik PT Indosat, selain itu IM2 juga bisa melayani jasa hosting dan sewa domain.

4. Centrin
Centrin yaitu salah satu jenis layanan ISP milik PT Centrin Online, yang menawarkan layanan jasa koneksi internet dengan suatu infrastruktur yang sangat canggih.

5. Provider Seluler lainnya
Pada saat ini hampir semua provider seluler ternama sudah menawarkan sebuah jasa layanan internet atau ISP, biasanya yang berbasis quota dan bisa diaktifkan dengan suatu paket-paket tertentu, ISP jenis ini yaitu suatu pilihan cocok bagi anda yang hanya membutuhkan sebuah koneksi internet secara isi dental saja.




Didalam zaman modern dan canggih ini ISP sangat dibutuhkan sekali karna dapat mengakses internet untuk mendaptkan sebuah informasi.

Penyedia layanan jasa internet ISP, antara lain :

-Asia Pasific Internet Company ( http://www.apic.net.id ),

-Centrin Internet ( http://www.centrin.net.id ),

-PT. Multimedia Indonesia ( http://www.metra.net.id ),

-PT. Satelindo Mitra Lintas ( http://www.sistelindo.net.id ),

-PT. Indosat ( http://www.indosat.net.id ),

-PT.Excel Comindo Pratama ( http://www.xl.co.id ),

-PT. Metrodata Electronics Tbk ( http://www.metro.net.id ),

-PT.Telekomunikasi Indonesia ( http://www.telkom.net.id ),

-PT. Indo Internet Indonesia ( http://www.netura.net.id ),

-RADNET ( http://www.rad.net.id ).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP, agar akses internet tidak mengalami gangguan adalah :

1. Kapasitas bandwidth,

2. Kapasitas jaringan,

3. Akses pulsa lokal,

Kehandalan dan kemampuan jaringan.Kapasitas bandwidth adalah kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat, jika ISP yang dipilih kapasitas bandwidthnya rendah maka proses akses komputer menjadilambat dan membosankan.Kapasitas jaringan adalah rasio jaringan yang disediakan dengan jumlah pelanggannya. Jika rasio jaringan dengan pengguna ISP tinggi maka akan mempengaruhi kecepatan akses.Kehandalan dan keamanan jaringan, juga merupakan hal yang penting dalam operasional komputer.Saat mengoperasikan komputer, sangat mungkin terjadi gangguan yang menyebabkan error jaringan. Halini dapat dikarenakan cuaca atau sebab lain yang sering terjadi, seperti seringnya mengirim data-datapenting melalui internet atau bertransaksi melalui internet. Kenyataan ini menuntut kehandalan dankeamanan jaringan yang baik.

Peran dan tanggung jawab pada ISP

Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain :


1. Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
2. Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
3. Menyediakan modem untuk dial-up.
4. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
5. Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
6. Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
7. Memberi tempat untuk home page.
8. ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

ISP bertugas untuk memasang jaringan internet dikomputer dan cara untuk bisa menjelajahi internet melalui komputer kita adalah kita harus menghubungi ISP dengan fasilitas telepon, cukup denda menghidupkan modem, menekan tombol connect, kemudian komputer kita sudah terhubung dengan ISP. dan kita dapat menjelajahi dunia internet.

Persyaratan-persyaratan sebuah ISP

Kriteria Untuk Memilih ISP (internet service provider)

Pada kesempatan ini mau berbagi tips 8 kriteria yang dapat digunakan untuk memilih ISPagar mendapatkan pelayanan seperti yang kita harapkan.
1.      Kecepatan transfer data
Dalam berinternet ria, kita tak akan terlepas dari yang namanya download, upload dan browsing. Semua aktifitas tersebut akan sangat bergantung dengan kecepatan transfer data yang telah disediakan provider. semakin besar kecepatan transfer data yang disediakan provider artinya semakin besar kecepatan trasfer data yang kita peroleh dari ISP kita maka akan semakin cepat proses kita dalam mengakses internet.
2.      Bandwith
Pengertian bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan. Ibaratkan bandwith itu jalan raya, semakin lebar jalannya maka semakin banyak kendaraan yang bisa lewat secara bersamaan. Kita perlu untuk
mengetahui badwith yang dimiliki oleh suatu ISP untuk mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam melakukan transfer data, juga agar bisa dijadikan pembanding dengan ISP yang lain
3.      Memilih server proxy
Server proxy memungkinkan seorang user dapat mengakses sebuah situs yang disukainya dengan cara yang lebih cepat karena user dapat mengunjungi web favoritnya tanpa terhubung langsung dengan server web tersebut. Selain itu cara ini juga dapat menghemat bandwith.
4.      Memiliki backbone
Saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet disebut backbone, dalam pembuatan backbone memerlukan biaya dan teknologi yang tinggi, biasanya ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakannya secara bersama-sama dengan ISP lain. Cara tersebut dapat menghemat biaya tetapi juga dapat mengurangi kecepatan akses dari masing-masing ISP.
5.      Keamanan data
Seperti yang telah kita ketahui, di internet ada banyak jenis kejahatan internet yang mengintai. Oleh karena itu kita harus memastikan apakah layanan ISP tersebut telah menggunakan sistem keamanan atau firewall yang baik atau tidak.
6.      Biaya
7.      Hardware
untuk memastikan layanan yang akan kita terima benar-benar terjamin perlu juga diketahui spesifikasi hardware yang mereka gunakan, seperti jumlah dan kecepatan modem yang dimiliki dan rasio pelanggan permodem dalam ISP tersebut.
8.       Teknologi yang digunakan
selain yang sudah disebutkan di atas, hal lain yang perlu kita perhatikan dalammemilih ISP adalah teknologi yang digunakan, beberapa penyedia layanan internet ada yang menggunakan sistem kompresi data yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat.


By: Arini dwi fatmawati_06_XII TKJ2

0 komentar:

Posting Komentar